Nomor : 01/Pan. BILIK /TPI-Hudaibiyah /2010 Lampiran : 01 (satu) berkas Proposal Perihal : Permohonan Bantuan Dana Kepada Yth. Wali Kota Cirebon Bpk. Subardi, S.Pd di- tempat Assalamu’alaikum Wr. Wb. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Rasa syukur senantiasa kita panjatkan, karena atas ridla-Nya, kita masih diberikan kesempatan untuk meluaskan silsturahmi, meluaskan ilmu dan menebarkan salam. Dengan hormat, kami bermaksud menyelenggarakan pembangunan tempat pendidikan kami yang bernama full-day School TPA/ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH”. Sebuah tempat pendidikan islam non formal bagi para pelajar SD/MI, MTS yang ada di wilayah kami dan sekitarnya, sebagai wujud kepedulian kami terhadap lapangan keilmuan dan pendidikan yang Insya Allah kami akan melaksanakannya pada : Hari/Tanggal : Minggu, 27 Juni 2010 Waktu : 08.00 s.d selesai Tempat : ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH” Jl. Dwipantara 10, RT 07/ Rw 02 Nusantara, kelurahan Argasunya, kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Demi ini kami bermaksud memohon bantuan pencairan Dana berkenaan SUBSIDI/BANTUAN SOSIAL/BANTUAN KEUANGAN untuk kegiatan belanja bantuan sosial organisasi lainnya. Besar harapan kami kepada bapak untuk dapat membantu dan merealisasikan demi terlaksananya kegiatan ini. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan dan kami ucapkan terima kasih atas segala bantuan dan dukungan. Jazakumullah khairun jaza. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. | |||||||||||
1. DASAR PEMIKIRAN
Sebagian orang tua ada yang menganggap pendidikan sebagai masalah yang sepele, mereka menelantarkan pendidikan anaknya dengan tanpa ada beban sedikit pun. Mereka beranggapan bahwa tugasnya hanyalah memenuhi kebutuhan makan, minum, pakaian dan tempat tinggal. Mereka lupa firman Allah subhanahu wata’ala,
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu." (at-Tahrim: 6).
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata mengomentari ayat ini, " Ajarilah mereka dan didiklah mereka."
Demikian juga Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,
"Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
"Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, "Barang siapa yang melalaikan pendidikan anaknya dengan hal-hal yang bermanfaat serta meninggalkannya secara sia-sia, maka berarti telah berbuat buruk kepada anak seburuk-buruknya. Kebanyakan anak menjadi rusak adalah disebabkan orang tuanya, karena tidak adanya perhatian kepada mereka, serta tidak diajarkan kepada mereka kewajiban-kewajiban agama dan sunah-sunnahnya.”
Suasana akhir zaman ini akan menjadikan hidup semakin kompetitip, sehingga kreatifitas dan profesionalisme akan menghantarkan seseorang untuk dapat memperoleh peluang hidup yang membahagiakan.
Melihat besarnya peluang untuk mengembangkan segala potensi tersebut, terutama bidang IPTEK, maka pendidikan Islam sudah saatnya untuk dikembangkan dengan cara menggali, dan memeperbaharui konsep-konsep yang telah ada. Hal ini dilakukan dalam rangka mengikuti tuntutan perubahan zaman, agar pendidikan lebih solid ditengah gencarnya arus perubahan.
Memang kebenaran dogma agama Islam tidak bisa disangkal yang mengatakan bahwa selama manusia masih bernafas, maka disitu pulalah dituntut untuk terus tholabul‘ilmi. Pernyataan ini dapat dipahami sebagai modal dasar untuk mengembangkan diri, dengan prinsip menjadikan masa lalu sebagai wacana sejarah yang tidak boleh dilupakan, masa sekarang sebagai kenyataan, dan masa yang akan datang sebagai harapan.
Diyakini sepenuhnya bahwa keberhasilan pendidikan anak merupakan landasan dasar bagi kemajuan suatu bangsa. Tidak ada yang lebih mempercepat suatu kemajuan bangsa tanpa diimbangi kesuksesan dalam menciptakan generasi penerus bangsa itu sendiri, melalui pendidikan kader-kader bangsanya. Sehingga di sisi lain dapat dikatakan pula bahwa tidak ada hambatan yang lebih besar dalam membangun bangsa melebihi kegagalan dalam pendidikan anak. Jadi anak merupakan generasi, modal dasar dan sekaligus aset bangsa yang patut diperhitungkan masa depannya. Perhatian yang diberikan menyangkut pendidikan dan sekaligus kesolehan akhlaknya.
Di satu sisi kemajuan informasi dan teknologi dalam dunia global ini memiliki ekses terhadap cara berfikir anak didik semakin kritis, rasional, bebas dan dinamis. Hal ini bisa terjadi karena mereka banyak tahu tentang pengetahuan yang diperoleh melalui segala informasi, baik cetak maupun elektronik. Pada saat itu pula, anak didik memiliki kecenderungan untuk mengaitkan fenomena - yang ada dalam suatu mata pelajaran misalnya dengan rasio.
Maka generalisasinya, agama akan lebih dapat diterima anak didik jika bersifat rasional, realistis dan aplikatip. Sementara itu, konsep-konep agama banyak yang bersifat dogma-dogma tanpa bukti realistis.
2. TUJUAN
1. Mengembangkan kemampuan intelektual dan memiliki daya nalar dan sikap kritis yang tinggi
2. Memberikan gairah dan kenyamanan suasana belajar mengajar ustad dan santri.
3. Tempat sekolah yang baik dapat memotivasi orang tua dan siswa untuk lebih giat dan termotifasi terhadap pendidikan
3. NAMA KEGIATAN
4. WAKTU KEGIATAN
Hari : Minggu
Tanggal : 20 Juni 2010
5. TEMPAT KEGIATAN
ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH”
Jl. Dwipantara 10, RT 07/ RW 02 Nusantara, kelurahan Argasunya, kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.
6. TEMA KEGIATAN
” Kenyamanan sarana belajar adalah pembangkit motivasi dan kreatifitas santri dan peserta didik ”
7. PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Jajaran pengurus ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH”, dan di dukung oleh masyarakat sekitar.
8. ANGGARAN DANA (TERLAMPIR)
9. SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan dalam kegiatan ini adalah pelajar/ siswa siswi SD, SMP, SMA yang berada di wilayah RW 02 Nusantara, kelurahan Argasunya, kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon dan sekitarnya.
10. PENUTUP
Demikian proposal ini kami sampaikan, Dengan selesainya pembuatan proposal ini, mudah-mudahan menjadi langkah awal yang baik dalam rangka mewujudkan keinginan kami dalam upaya menciptakan fasilitas pendidikan nonformal alternative. Satu harapan yang pasti adalah semoga rencana baik ini mendapat ridlo dari Allah SWT danemoga proposal ini dapat menjadi pertimbangan untuk membantu pelaksanaan kegiatan ini dan kami ucapkan terima kasih atas segala bantuan dan dukungan. Jazakumullah khairun jaza.
Cirebon, 15 Mei 2010
Pelaksana,
Ketua Sekretaris
Adhie Rachman Syafrudin Wahyu Triyadi Suliestyo
PEMBINA : Drs. H.M Utsmani Hs.
KETUA : Adhie Rachman Syafrudin
SEKRETARIS : Moch. Nunung Rustono
BENDAHARA : Wahyu triyadi Suliestyo
SIE. PENDIDIKAN
DAN KURIKULUM : Syarifah Tri Hastuti
Mengetahui, Mengetahui,
a.n Ketua Rw 02 Nusantara, Lurah Argasunya
a.n Ketua Rw 02 Nusantara, Lurah Argasunya
Ade Koswara TASMADI, S.Sos
NIP :
ESTIMASI DANA
PEMBANGUNAN BILIK ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH”
PERLENGKAPAN /BAHAN | UNIT | Keterangan/Jenis | HARGA SATUAN | JUMLAH BIAYA dalam rupiah |
KESEKRETARIATAN | ||||
Pembuatan Proposal | 2 | Bendel | 50.000 | 100.000 |
Penggandaan Proposal/stempel & transport | 100.000 | 100.000 | ||
Jumlah | 200.000 | |||
UPAH PEKERJA | ||||
Tukang (3 hari) | 2 | Orang | 50.000 | 300.000 |
laden (3 hari) | 2 | Orang | 40.000 | 240.000 |
Jumlah | 640.000 | |||
BAHAN BANGUNAN | ||||
Semen | 10 | Sak | 53.000 | 530.000 |
Pasir | 1 | Dum | 250.000 | 250.000 |
Keramik | 40 | Dus | 30.000 | 1.200.000 |
Batu alam | 15 | Meter | 45.000 | 675.000 |
Asbes | 6 | Lembar | 50.000 | 300.000 |
Bata | 1000 | 350 | 350.000 | |
Jumlah | 3.305.000 | |||
Usuk bamboo | 20 | Batang | 10.000 | 200.000 |
Reng bamboo | 2 | Ikat | 25.000 | 50.000 |
Bilik inis | 8 | Lembar | 75.000 | 600.000 |
Paku | 2 | Kg | 15.000 | 30.000 |
Vernish | 2 | Kaleng | 40.000 | 80.000 |
Jumlah | 915.000 | |||
PERLENGKAPAN INTERIOR | ||||
Karpet | 1 | 3 x 5 m | 100.000 | 100.000 |
Kipas angin | 1 | 250.000 | 250.000 | |
Meja lesehan | 10 | 40 x 40 cm | 25.000 | 250.000 |
Etalase buku | 1 | 80 x 200 cm | 350.000 | 350.000 |
Jumlah | 950.000 | |||
White board | 2 | Lembar | 60.000 | 120.000 |
Penghapus | 4 | Buah | 5000 | 20.000 |
Spidol | 4 | Buah | 7000 | 28.000 |
168.000 | ||||
Jumlah Total | 6.178.000 |
Biaya tak terduga 10% | 617.800 | ||
Jumlah biaya keseluruhan | 6.785.800 | ||
Jumlah dibulatkan menjadi | 6.786.000 |
Terbilang : ENAM JUTA TUJUH RATUS DELAPAN PULUH ENAM RIBU RUPIAH
PROFIL LEMBAGA
Berbeda dengan model sekolah pada umumnya, full-day School ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH” menerapkan konsep dasar Integrated-Activity dan Integrated-Curriculum. Artinya, seluruh program dan aktivitas anak yang ada di sekolah, mulai dari belajar, bermain, makan dan beribadah dikemas dalam suatu sistem pendidikan.
Visi
Berikhtiar secara maksimal mewujudkan suatu lembaga pendidikan Islam yang modern, sistemik dan visioner.
Misi dan Tujuan
Mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang berkarakter dan berkepribadian Islam dengan komitmen kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kaffah (utuh), baik pada aspek keilmuan, kepribadian, keterampilan hidup dan kepekaan sosial menuju terwujudnya pribadi muslim yang utuh (bastotan fi al-ilmi wa dzu qolbin salim).
Prinsip Pendidikan
- Islamic Education Community (lingkungan pendidikan yang Islami)
- Full Day Education (pendidikan dan pembinaan sepanjang hari)
- Integrated Education (pendidikan secara utuh)
- Enjoy Learning (belajar yang menyenangkan)
- Multimedia Education (Pembelajaran dengan sarana teknologi)
Standar Disiplin Siswa/Santri
- Disiplin kegiatan, semua siswa/santri harus mengikuti kegiatan belajar yang dijadwalkan.
- Disiplin waktu, diwajibkan membawa perlengkapan sholat bagi yang mempunyai jadwal sore ba’da Ashar. Semua siswa/santri harus tepat waktu dalam melakukan aktifitas diri dan kegiatan yang telah ditetapkan.
- Disiplin prilaku, semua siswa/santri harus berprilaku dan bertutur kata yang terpuji (akhlakul karimah) dengan membudayakan 4S (Sapa, Senyum, Salam, Santun)
Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Lembaga
- Memanfaatkan desain rencana pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan dan pengabdian sosial yang komprehensif, akuntabel, dan visioner.
- Mempersiapkan tenaga profesional dan terlatih yang terikat dalam satu tekad dan komitmen dalam mewujudkan visi dan misi lembaga.
- Mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi standar penyelenggaraan pendidikan sederhana, namun modern dan sistemik.
- Mempersiapkan sumber-sumber pendanaan dari potensi internal maupun dari pihak-pihak lain yang perduli dan komitmen terhadap pendidikan.
- Mengembangkan kesamaan pikiran, visi, dan tekad dengan terus menerus menjalin komunikasi, silaturahmi dan kekeluargaan dengan 4S (Senyum-Sapa-Salam-Santun).
- Bekerjasama dengan orang tua dan masyarakat serta seluruh komponen pendidikan lainnya untuk mengupayakan hasil pendidikan yang efektif.
- Selalu melakukan inovasi dalam mengembangkan sekolah sehingga ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH” akan selalu up to date ditengah-tengah masyarakat tanpa meninggalkan ciri utamanya sebagai sekolah Islam.
Ilmu pendidikan yang diajarkan
- Exact Formal : Matematika, Bahasa Inggris, IPA
- Non Formal : Akidah ahlak, fiqh, bahasa arab, ilmu tajwid dan Al-Qur'an.
Nama Lembaga | ISLAMIC STUDY HOME ”HUDAIBIYAH” |
Jenis | Bimbingan Belajar/ TPA |
Tingkat Lembaga | SD/MI - SMP/MTS |
Pendirian Lembaga | 21 Juli 2009 |
Status | Milik Sendiri |
Alamat | Jl. Dwipantara, No. 10 RT 07/ RW 02 Nusantara |
Kode Pos | 45145 |
Kelurahan | Argasunya |
Kecamatan | Harjamukti |
Propinsi | Jawa Barat |
Kab/Kota | Kota Cirebon |
Telepon | 0881 77877 68 |
Fax | - |
Situs Sekolah | - |
Email Sekolah | |
Jumlah Pengajar | 3 orang |
Jumlah Siswa | 30 orang |
PROFIL GURU
NAMA | PENDIDIKAN | JABATAN | SPESIALIST BIDANG STUDY |
Adhie Rachman Syafrudin | Sarjana | Ketua | Tafsir Quran-Hadits, Fiqh, akidah ahlak |
Moch. Nunung Rustono | SLTA | Wakil/bendahara | Matematika, Bhs. Inggris |
Wahyu triyadi Suliestyo | SLTA | Sekretaris | Ilmu Alam, Ilmu Sosial |
Syarifah Tri Hastuti | SLTA | Sie Pendidikan dan Kurikulum | Tajwid, do’a harian, hapalan Juz ’Amma |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar